Senin, 18 Februari 2013

radiasi

Bahaya listrik
Oscillating listrik dan medan magnet radiasi elektromagnetik akan menginduksikan arus listrik pada konduktor yang melewatinya. Radiasi yang kuat dapat menyebabkan arus yang mampu memberikan sengatan listrik kepada orang atau binatang. Ini juga dapat berlebihan dan menghancurkan peralatan listrik.
Induksi arus oleh tray medan magnet juga cara di mana Badai matahari mengganggu pengoperasian dari sistem listrik dan elektronik, yang menyebabkan kerusakan dan bahkan ledakan kekuatan distribusi transformers, pemadaman (seperti dalam 1989), dan gangguan sinyal elektromagnetik ('' misalnya '' radio, TV, dan sinyal telepon).

Api bahaya

Radiasi elektromagnetik daya sangat tinggi dapat menyebabkan arus listrik yang cukup kuat untuk membuat percikan api (busur listrik) ketika tegangan induksi melebihi tegangan dadal dari media sekitarnya ('' misalnya '' air). Sparks ini dapat kemudian menyalakan bahan-bahan yang mudah terbakar atau gas, mungkin menyebabkan ledakan.
Ini dapat menjadi bahaya tertentu di sekitar kota bahan peledak atau kembang api, karena listrik yang berlebihan mungkin ignite mereka. Risiko ini sering disebut sebagai pahlawan (bahaya dari radiasi elektromagnetik ke Ordnance). MIL-STD-464A mandat penilaian pahlawan dalam sistem, tetapi Angkatan Laut dokumen OD 30393 memberikan prinsip-prinsip desain dan praktek untuk mengontrol elektromagnetik bahaya ordnance.
Di sisi lain, risiko yang terkait dengan mendorong dikenal sebagai HERF (bahaya dari radiasi elektromagnetik untuk bahan bakar). NAVSEA OP 3565 Vol. 1 dapat digunakan untuk mengevaluasi HERF, yang menyatakan kepadatan daya maksimum 0,09 W/m² untuk frekuensi di bawah 225 MHz (4.2 meter yaitu untuk emitor W 40).

Bahaya hayati

Yang terbaik dipahami biologis efek medan elektromagnetik akan menyebabkan pemanasan dielektrik. Sebagai contoh, menyentuh atau berdiri di sekitar antena sementara pemancar yang berkekuatan tinggi dalam operasi dapat menyebabkan luka bakar yang parah. Ini adalah persis jenis burns yang akan menyebabkan di dalam microwave oven.
Efek pemanasan ini bervariasi dengan kekuatan dan frekuensi energi elektromagnetik. Ukuran efek pemanasan adalah tingkat penyerapan tertentu atau SAR, yang memiliki unit watt per kilogram (W/kg). IEEE dan banyak pemerinta
nasional telah menetapkan keselamatan batas paparan terhadap frekuensi berbagai energi elektromagnetik yang didasarkan pada SAR, terutama didasarkan pada pedoman ICNIRP, yang menjaga terhadap kerusakan termal.
Ada publikasi yang mendukung keberadaan kompleks efek biologis lemah '' non-thermal'' medan elektromagnetik (lihat Bioelectromagnetics), termasuk medan magnet lemah ELF. dan termodulasi RF dan microwave bidang Fundamental mekanisme interaksi antara bahan biologis dan elektromagnet tingkat non-thermal tidak sepenuhnya dimengerti.
DNA fragmentasi
2009 Studi di Universitas Basel, Swiss menemukan bahwa paparan intermiten (tetapi tidak terus-menerus) sel-sel manusia medan elektromagnetik 50 Hz pada kepadatan fluks 1 mT (atau 10 G) disebabkan kenaikan sedikit tetapi signifikan fragmentasi DNA dalam assay komet. Namun tingkat eksposur yang sudah di atas saat ini mapan keselamatan eksposur batas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar